BLOGGER INDONESIA Solo Sholat: Shalat Istikharah

Selasa, 05 September 2017

Shalat Istikharah

Shalat Istikharah


Sholat istikharah merupakan salah satu sholat sunnah dua rakaat. Sholat istikharah dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT saat seseorang dilanda kebingungan dan ragu-ragu untuk memutuskan atau memilih diantara beberapa pilihan. Keraguan ini bisa dikarenakan pekerjaan, jodoh atau masalah lainnya. 

Sholat istikharah bertujuan agar urusan atau perkara mendapat ridho Allah SWT, mendapatkan kemudahan untuk urusan tersebut. Dan jika perkara tersebut tidak baik, maka Allah akan mendatangkan penghalang atau pencegah sehingga perkara tersebut tidak bisa dilaksanakan. Rasulullah SAW bersabda, ”Jika Salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah shalat sunnah dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian bedoalah meminta kepada Allah.” - HR. Bukhari. 

Sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja, baik siang hari maupun malah hari. Namun waktu pelaksanaan sholat istikoroh yang paling utama adalah saat sepertiga malam atau pertengahan malam setelah sholat isya, karena di malam hari kita bisa lebih khusu’ dalam mengerjakan sholat sunnah istikharah. 


Tata cara sholat istikharah sama dengan tata cara sholat biasanya, hanya niatnya yang berbeda. Niat sholat istikharah yaitu:

Ushalli sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aalaa 

Artinya: ”Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala”. 

Untuk pembacaan surat-surat lain setelah membaca Al Fatihah, diutamakan membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al Ikhlas pada rakaat kedua. 

Setelah melaksanakan sholat, dilanjutkan dengan membaca doa:

Allaahumma innii astajhiruka bi'imika wa astaqdiruka biqudratika, wa as'aluka mingfadhlikal azhiimi, fainnakataqdiru walaa aqdiru, wata'lamu walaa a'lamu, wan angta al laamulghuyuubi allaahumma ingkungta talamu annahaadzalamra *(silahkan sebutkan perkara masing-masing)* khairullii fiidiinii wama'aasyii wa'aaqibati amrii, faqdirhulii wayassirhu liitsumma baariklii fiihi, wa'ingkungta ta lamu anna haadazal amra syarrulli fii fidiinii wa ma'aasyii wa'aaqibati amrii, fashrifhu'annii washrifnii anhu waqdir liyal khaira haitsu kaana tsumma radhdhinii bihi.


Artinya: "Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu memilih yang baik untukku dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu untuk menentukannya dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu anugerah-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau mampu memberi ketentuan sedangkan aku tidak, Engkau dapat mengetahuinya sedangkan aku tidak, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Wahai Allah jika Engkau tahu bahwa perkara ini *(Silahkan sebutkan perkara masing-masing)* baik bagiku, didalam Agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkanlah itu bagiku kemudian berilah aku keberkahan didalamnya. Dan jika Engkau tau bahwa perkara ini jelek bagiku, didalam Agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka jauhkanlah pekara itu dariku dan jauhkanlah aku darinya dan tetapkanlah untukku kebaikan dimanapun adanya, kemudian jadikanlah aku rela kepadanya". 

Kita dapat menyebutkan apa yang menjadi keraguan kita saat berdoa. Sholat sunnah istikarah sebaiknya dilakukan selama tiga atau tujuh malam berturut-turut sampai kita mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Ganti karpet Masjid lama Anda dengan karpet Masjid yang baru di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar