BLOGGER INDONESIA Solo Sholat: Sholat Sunnah Hajat

Rabu, 06 September 2017

Sholat Sunnah Hajat

Sholat Sunnah Hajat


Sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meminta hajat kepada Allah SWT. Sebagai hamba Allah, tentunya kita mempunyai hajat yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan sholat sunnah hajat, kita mengharap agar hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT.
Sholat sunnah hajat dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal hingga dengan 12 rakaat, dengan masing-masing dua rakaat satu salam.
Waktu yang paling pas untuk mengerjakan sholat sunnah hajat adalah setelah sholat isya dan sebelum memasuki waktu imsak, tepatnya saat tengah malam, dikarenakan kita bisa mengerjakan sholat sunnah hajat dengan tenang dan khusu’.
Tata cara pelaksanaan sholat sunnah hajat sama dengan sholat pada umumnya hanya niatnya yang berbeda, sholat diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam.
Ushalli Sunnatal Haajati Rak’ataini Lillaahi Ta’aalaa. 

Artinya: “Aku Niat Shalat Sunah Hajat dua raka’at karena Alloh Ta’ala”.

Setelah melaksakan sholat, kemudian diiringi dengan zikir dan doa. Zikir sholat sunnah hajat dimulai dengan membaca istighfar 100 kali, membaca sholawat Nabi 32 kali hingga 100 kali, membaca tasbih 21 kali hingga 32 kali dan membaca tahlil 21 kali hingga 32 kali.


Setelah membaca zikir, dilanjutkan dengan membaca doa sholat hajat. Adapun doanya sebagai berikut:

Laailaahaillallahul hakimil kariim subhaanallaahirobil ‘arsyil ‘azhim. Alhamdulillaahirobbil’alamiin as’aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaa’ima maghfirotika wal ghanimata min kulli birrin wassaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban ilaaghafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahu wa laa haajata illa hiya laka ridhon ilaa qodhaitahaa yaa arhamarroohimin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun dan Pemurah, Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang memajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan, Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.”
Selain doa di atas, kita dapat berdoa sesuai dengan bahasa kita dan meminta apa yang ingin kita minta.

Demikian tata cara sholat sunnah hajat dan doanya, semoga bermanfaat.
Sholat lebih khusu' dengan karpet sajadah tebal, klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar